Friday, June 14, 2024
HomeLifestyleDinas Pendidikan Minta Orang Tua Jaga Anak Main Game Online

Dinas Pendidikan Minta Orang Tua Jaga Anak Main Game Online

Game online ialah permainan yang umumnya dimainkan lewat koneksi internet dan semacamnya, selalu memakai tehnologi terbaru seperti modem dan jaringan kabel.

Biasanya, game online dijajakan sebagai service tambahan oleh penyuplai service internet atau dijangkau secara langsung lewat mekanisme yang disiapkan oleh perusahaan yang tawarkan game itu. Game online bisa dimainkan dengan bersama di computer yang tersambung ke jaringan tertentu.

Sementara menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, game online ialah tehnologi, bukan jenis game; proses untuk menyambungkan pemain, bukan mode permainan tertentu.

Permainan online terbagi dalam banyak tipe, mulai dari permainan simpel berbasiskan text sampai permainan yang memakai diagram kompleks dan membuat dunia virtual yang dihuni oleh beberapa pemain sekalian.

Baca juga : betwin

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan tengah minta beberapa orangtua peserta didik untuk memantau anak dalam bermaingame online.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan, di Palangka Raya, Rabu, menjelaskan jika beberapa orangtua peserta didik bisa batasi anaknya saat bermain gawai supaya mereka tidak ketagihan.

“Pemantauan pada anak itu penting saat mereka bermain game, bahkan juga janganlah sampai ketagihan. Karena jika ketagihan tentu saja akan berpengaruh negatif ke anak itu satu diantaranya dapat malas untuk sekolah,” kata Vico.

Ia menerangkan, yang sekarang ini ditakuti ialah jika ada peserta didik kita yang ketagihan game online. Hal itu dapat membuat anak malas belajar.

Apalagi jika anak candu bermain game online, bisa juga bikin rugi orang tuanya sendiri satu diantaranya harus beli paket supaya permainan game itu bisa dilaksanakan.

“Memang hal positif yang sudah dilakukan oleh beberapa anak, tapi bermainnya harus terbatasi janganlah sampai terlalu berlebih,” katanya.

Sekretaris Disdik Palangka Raya mengharap, apa yang dicemaskan itu tidak menerpa ke peserta didik di wilayah di tempat. Bahkan juga dengan manfaatkan gawai dengan hal positif semakin lebih mendukung beberapa kegiatan mereka dalam evaluasi.

Bahkan juga game online sepanjang ini ada yang masuk ke kelompok olahraga E-Sport. Bahkan juga olahraga E-Sport itu juga menasional dan selalu dilombakan di gelaran Minggu Olahraga Nasional (PON) tahun kemarin.

“Silahkan kita menjaga kegiatan beberapa anak kita khususnya dalam pemakaian gawai supaya mereka memakainya ke hal yang positif,” begitu Vico.

Artikel lain : 5 Negara yang Tak Memiliki Tim Nasional Sepak Bola

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments